Iklan

BPDAS Sampara Turunkan Program KBR di KOLTIM Tahun 2022

By Iswan
Senin, 14 November 2022, November 14, 2022 WIB Last Updated 2022-11-15T06:25:45Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


SULTRA.NUSPOS.com-  Pelaksanaan program kebun bibit rakyat ( KBR ) oleh pemerintah pusat melalui badan pengelolaan daerah aliran sungai dan hutan lindung ( BPDAS ) Provinsi Sulawesi Tenggara ( SULTRA) memberikan bantuan kepada beberapa kelompok tani di Kabupaten Kolaka Timur .



Kepala Badan BPDAS Sampara M.Azis Asoni yang ditemui diruang kerjanya Senin 14/11/2022 , melalui kepala Seksi RHL Carles S. Hut. Kepada media ini mengatakan bantuan ini nantinya akan menjadi milik masyarakat dalam pengelolaan secara berkelompok , yang di tanam di kebun warga itu sendiri . dan Memeng tanaman ini adalah jangka panjang kisaran 5 hingga 7 tahun , hasilnya masyarakat sendiri yang akan menikmatinya. Terangnya



" Program KBR ini, para kelompok tani mendapatkan kucuran dana Rp.100,000,000 ( seratus juta ribu rupiah ) untuk menyiapkan bibit masing masing kelompok sebanyak 30.000  batang. Jenis bibitnya berupa Sengon , jatih putih , dan kayu bitti ".


Carles menambahkan setiap beberapa bulan sekali kami dari BPDAS akan turun kelapangan mengecek  sampai sejauh mana kelayakan perkembangan  bibit tersebut apa sudah bisa ditanam, dan jikalo ada masalah apa kendalanya. Ujarnya


Data pelaksana program Kebun Bibit Rakyat (KBR) Kabupaten . Kolaka Timur tahun 2022 diantaranya :
1. Kelompok Wono Sari, Desa Mulya Jaya, Kecamatan  Dangia.
2. Kelompok Samaturu, Kelurahan Simbalai, Kecamatan Loea.
3. Kelompok Maju Jaya Desa Raraa, Kecamatan  Ladongi.
4. Kelompok Maju Bersama Desa Onemanu, Kecamatan Lambandia.
Jumlah bibit 30.000 batang / kelompok.


" Bibit akan ditujukan kepada masayarakat, fasum dan fasos secara gratis. Dan perlu diketahui program KBR ini sudah berjalan sejak tahun 2011 silam . Program ini juga salah satu bentuk meningkatkan perekonomian dibidan perkebunan dan pertanian ". Tutupnya (Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini