Iklan

Segera dilantik " Hasil Pilkades Koltim " . Pebruari mendatang

By Iswan
Kamis, 19 Januari 2023, Januari 19, 2023 WIB Last Updated 2023-01-19T15:42:28Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


KOLTIM.NUSPOS.com -Sebanyak 83 Kepala Desa (Kades) terpilih dari hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak  Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) tahun 2022  akan menerima Surat Keputusan (SK) dari Bupati Kolaka Timur, 2 Februari 2023 mendatang.



Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kolaka Timur, Iwan Kara  saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis (19/01/2023).



Selain itu  Iwan mengungkapkan,  83 Kades akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Koltim  melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).



Adapun tujuan Bimtek dilakukan kata Iwan,  dalam rangka Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Tahun 2023 dan merupakan upaya Pemda Koltim untuk memberikan wawasan serta pemahaman kepada para Kades 



"Sehingga melalui Bimtek  dapat melahirkan pemimpin Desa di Koltim  yang memiliki kemampuan dan  tanggung Jawab dalam pemerintahan dan pengelolaan Keuangan Desa,"jelas Kadis.



Kata Kadis, melalui Bimtek, para Kades diharapkan dapat mempercepat kesejahteraan masyarakat desa, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, menghadirkan tata kelola pemerintahan desa yang bersih dan akuntabel.



"Serta meningkatkan daya saing desa, sehingga dapat menjadi desa yang mandiri,"terangnya.




Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa  (Pemdes), Kusram Maroli  menjelaskan sebelum kegiatan Bimtek dilaksanakan maka  langkah awal yang harus dilakukan adalah pembekalan bimbingan teknis karena kata Maroli 83 Kades terpilih, brrasal dari berbagai latar belakang Profesi, Ilmu dan Latar belakang sosial.




"Ada dari Politisi, pengusaha,pedagang,Petani dan Pensiunan TNI/Polri,"sebutnya.



Menurutnya, Bimtek 83 Kades terpilih ibaratnya   akan dilepas di padang rumput yang luas sehingga saat dia  bingung Ia akan mencari cara  entah dia  mau jadi sapi atau pengembala.



 "Maksud tujuan Itu untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam pengelolaan pemerintahan desa yang baik dan pengelolaan keuangan yang baik agar 83 Kades terpilih itu tidak bersentuhan atau berurusan dengan  Hukum,"jelasnya.



Ia jberharap 83 Kades  yang sudah dibimbing secara teknis dan terarah dengan lebih sistematisdapat memanfaatkan sumber anggaran yang masuk untuk membiayai program dan kegiatan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang di peruntukkan.



"Dan saya yakin ketika dia sudah memiliki keilmuan sesuai Bimtek maka Kades tersebut  tidak akan  sembarang membawa pemerintahannya kearah yang salah," . Tutupnya (Red) 






Komentar

Tampilkan

Terkini