Iklan

Pemilihan ketua BPD dan Anggota BPD desa Amoito Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan Berlangsung Aman dan Lancar

By Iswan
Jumat, 03 Februari 2023, Februari 03, 2023 WIB Last Updated 2023-02-04T00:17:29Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


KONSEL.NUSPOS.com - Proses pemilihan ketua BPD dan Anggota BPD desa Amoito, kecamatan Ranomeeto, kabupaten Konawe Selatan,provinsi Sulawesi Tenggara yang dilaksanakan dibalai pertemuan desa Amoito (Jumat,3/02/2023) berjalan aman dan lancar.




Tahapan pemilihan dimulai jam 14.00 Wita,  diawali pembukaan oleh protokol LD.Syarifuddin,SE yang didapuk membacakan susunan acara pemilihan ketua BPD dan Anggota BPD desa Amoito periode masa bakti 2023_2029.





Diawali kata sambutan Kepala Desa Amoito,Adi Mappiara yang secara khusus menitipkan harapannya agar kepengurusan BPD kedepannya dapat bersinergi dengan kepala desa dalam membangun desa.Mengingat peranan BPD dalam pemerintahan desa sangat penting.Sebab BPD akan selalu mengevaluasi, memonitoring,dan mengkritik kinerja pemerintahan desa sebagai mitra dalam pembangunan desa




Selanjutnya ia mengatakan bahwa,karena acara ini adalah merupakan acaranya dan agendanya BPD maka ia menyerahkan sepenuhnya kepada BPD. "Karena acara ini adalah merupakan acaranya BPD dan adalah agenda BPD maka acara ini saya serahkan kepada BPD.Saya harapkan siapapun yang terpilih nantinya adalah yang terbaik buat kita semua". Harapnya.




Turut memberikan sambutan camat Ranomeeto Ambolaa,S,sos.M,si.Awal sambutannya mengucapkan terima kasih kepada kepala desa Amoito dan BPD yang telah mempersiapkan pemilihan. "Pertama tama saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Amoito dan BPD yang telah mempersiapkan acara pemilihan ini.Kata camat Ranomeeto. Ia juga menandaskan bahwa, guna mencapai tujuan kesepakatan baik dalam bentuk pemilihan secara langsung maupun sistem keterwakilan. 





Acara pemilihan dibuka oleh camat Ranomeeto secara simbolis,tepat jam 14.00 WITA.Selanjutnya Ketua Panitia pemilihan,Alis Supryatno segera membacakan keputusan panitia pengisian anggota BPD dan Anggota BPD desa Amoito, kecamatan Ranomeeto, kabupaten Konawe Selatan.Nomor:02/PPA_BPD/2023 Tentang mekanisme pemilihan dan penetapan calon anggota BPD terpilih.




Sebanyak 5 orang kandidat calon yang berasal dari perwakilan setiap dusun,mulai dari dusun 1 sampai dusun 4.Sementara dusun 1 berjumlah 2 orang perwakilan, mengingat banyaknya warganya.Adapun para kandidat calon BPD yang ikut bertarung dalam pemilihan kali ini adalah:Adolf .N  Pagala MM(Wakil dusun 1),Balaga S,IP,Spd,M,si(Wakil dusun 4), Tumiran(Wakil dusun 3),Ny.Bengse( Wakil dusun  2)dan Jemy Theysen(Wakil dusun 1)





Proses pemilihan yang disepakati yakni sistem keterwakilan dan sudah sesuai tata tertib (Tatib) dan mekanisme pelaksanan pemilihan, sehingga suasananya aman,tertib,lancar dan sukses tanpa ada riak_riak sedikitpun.Selama kurang lebih setengah jam kegiatan pemilihan berlangsung, Akhirnya semua tahapan pemilihan dinyatakan selesai.




Adolf N.Pagala,MM terpilih sebagai ketua BPD yang baru.Kembali menempati posisinya yang lalu sebagai petahana.Adolf N.Pagala MM yang dihubungi awak media setelah pemilihan,ketika ditanyakan langkah_langkah apa yang akan dilakukan sebagai langkah awal dalam memimpin BPD ini menjelaskan bahwa,langkah awal yang akan dilakukannya adalah konsolidasi dengan anggota pengurus BPD yang baru terpilih.




Dimana menurutnya,tugas BPD ini tinggal melanjutkan saja.Nanti pada intinya adalah untuk lebih meningkatkan kegiatan lembaga yang lebih baik lagi.Dikatakannya bahwa,ia tidak perlu muluk_muluk dalam melakukan suatu pekerjaan.Pada dasarnya pihaknya akan selalu bersinergi dengan kepala desa dalam mengambil setiap kebijakan guna mewujudkan pembangunan desa yang lebih baik. "Intinya tiap kegiatan BPD selalu bersama kepala desa bersinergi dan bermitra.




Bagi saya tidak perlu yang muluk_muluk,tetapi yang terpenting adalah bagaimana BPD dan kepala desa sebagai mitra kerja bekerjasama membangun desa yang lebih baik lagi". Tuturnya.




Adapun susunan keanggotaan BPD desa Amoito yang baru terdiri dari:Adolf N.Pagala MM(ketua),Balaga S,Ip,Spd,M,si(Wakil ketua),Tumiran(Sekretaris),Ny.Bengse(Anggota),Jemy Theysen(Anggota).Dalam kesempatan tersebut dibuat berita acara rapat pemilihan pimpinan BPD Nomor:01/BPD/2023.Tentang penetapan pimpinan BPD dan Anggota BPD terpilih.





Turut hadir pada acara pemilihan dimaksud; Sekcam Ranomeeto,kepala desa Ambaipua,Babinsa,Babinpotdirg,tokoh masyarakat dan segenap  undangan.(JD)

Komentar

Tampilkan

Terkini