Iklan

Pemda Koltim Rapat Koordinsi Sosialisasi Pendidikan Tahun 2024

By Iswan
Minggu, 07 Januari 2024, Januari 07, 2024 WIB Last Updated 2024-01-07T11:21:00Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


 Pemerintah Daerah kabupaten Kolaka Timur (Koltim) mengawali pertemuan Akbar di awal Tahun 2024 melalui Rapat Koordinasi Pendidikan, yang di hadiri langsung Bupati Koltim Abd Azis SH MH, dan Sekda Koltim  A. Muh Iqbal Tongasa S.S.TP, M.Si,  para OPD, para pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan ribuan tenaga pendidik yang tersebar dari 12 Kecamatan se-Koltim. 


Pertemuan atau Rakor Pendidikan tahun 2024 yang dimulai sejak pagi hingga sore hari di Aula Pemda Koltim pada Sabtu (06/01/2024). bertema, "meningkatkan kualitas guru dan tenaga pendidik, penguatan tata Kelola dan ketercapaian rapor Pendidikan daerah untuk mendukung Gerakan membangun dan melayani Masyarakat Kolaka Timur (Gemas Koltim).



Sebagaimana sambutan Bupati Koltim Abd Azis menyebutkan, perlu adanya kerja keras dalam membentuk karakter Sumber Daya manusia (SDM) secara maksimal di dunia Pendidikan, khususnya disektor para tenaga pendidik di Kabupaten Kolaka Timur, agar memiliki kedisiplinan serta integritas yang tinggi dan mapan untuk menuju kegenerasi emas tahun 2045.


“Untuk membangun fisik dan menuntun karakter SDM di dunia Pendidikan harus ada kekompakan, Sinergi serta berkolaborasi sehingga menghasilkan SDM yang berkualitas”, Kata Bupati Abd Azis.


Lebih lanjut Bupati menyampaikan apresiasinya sebagaimana yang disampaikan Sekda Koltim, bahwa selama 11 tahun Koltim mekar baru kali ini Rakor Pendidikan dihadiri secara besar-besaran yang mencapai ribuan dari kalangan Guru.


"Agenda seperti ini tidak saja di perlukan kecerdasan intelektual, tapi kehadiran, kecerdasan emosional dan spiritual, yang mana di dalamnya ada komunikasi dan hubungan sosial serta  rasa berbagi, hari ini telah di buktikan Kadis Pendidikan dan seluruh tenaga pendidik di Koltim”, Apresiasi Bupati.


Sebagaimana ditempat yang sama Sekda Koltim A.Muh Iqbal Tongasa telah menyampaikan, bahwa Rakor saat ini menjadi suatu kesempatan yang menjadi substantif program Pemerintah, Dimana program tertentu  terkait visi misi maupun program Gemas yang perlu disampaikan dan di diskusikan.


Katanya Pemerintah itu ada tiga, yakni; Pemerintahan, kemasyarakatan dan Pembangunan. untuk di Dinas Pendidikan dalam pembangunannya di tahun 2024 ada 20 % anggaranya dari APBD Koltim, silahkan secara internal Dinas Pendidikan untuk mengatur dan mengelola secara baik sehingga program tersebut tepat sasaran.


Ditambahkan Sekda, sejak berdirinya Koltim 11 tahun lalu, ini adalah Rakor paling ramai yang dihadiri ribuan guru, dimana sebelumnya hanya di hadiri para perwakilan saja katanya.


Lanjut Iqbal Tongasa menyampaikan tentang kehadiran guru, yang juga telah disampaikan Kadis Pendidikan Koltim Syarif, S.pd, bahwa yang hadir hari ini sekitar 1500 guru, sebagian hanya keterwakilan saja belum semua, olehnya itu, Rakor ini sangat penting sesuai dengan tugas kita melalui UUD 1945 alenia 4 mencerdaskan kehidupan bangsa, dan apa yang yang menjadi tugas yang kita emban hari ini adalah Amanah yang harus di jalankan sebaik mungkin khususnya terhadap rekan – rekan guru.


Menurutnya, dengan tema yang ada saat ini membuka ruang bagi semua untuk selalu menyiapkan diri dalam neyongsong genarasi emas 2045, harus ada koordinasi secara terkonek jadwal kegiatan Pendidikan, sehingga bisa bergerak Bersama maka akan mencapai kesuksesan.


“Perlu adanya pendataan di semua lini secara detail dan terkoneksi, mulai dari program Pendidikan, dengan demikian kita mampu menuju era generasi emas dan bagiamana membangun Daerah secara maksimal khususnya di dunia Pendidikan”, terangnya.



Usai kegiatan Rakor dilanjutkan dengan diskusi Bersama Bupati Koltim, dengan tujuan untuk mengetahui apa - apa saja yang menjadi kendala di dunia Pendidikan serta masukan – masukan dari para tenaga pendidik. (Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini