Iklan

KPU Koltim Resmi Melantik Angota PPS se-Koltim Tahun 2024

By Iswan
Minggu, 26 Mei 2024, Mei 26, 2024 WIB Last Updated 2024-05-26T22:41:31Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


KOLTIM.NUSPOS.com- Komisi Pemilihan Umum kabupaten Kolaka Timur (KPU Koltim) Resmi Melantik 397 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang terbagi di 133 desa/kelurahan dari 12 Kecamatan Se – Koltim. Minggu 26/5/2024. Bertempat di aula Pemda Koltim, kompleks perkantoran desa lalingato kecamatan tirawuta.


Seleksi penjaringan bandan Adhoc yang dilakukan KPU Koltim telah menetapkan dan melantik panitia pemungutan suara hari ini. Dimana PPS  adalah perpanjangan tangan tugas KPU kabupaten dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati pada pemilihan Tahun 2024 ini.


Ketua KPU Koltim Anhar Malaka SH dalam sambutannya menjelaskan bahwa, pelantikan PPS secara serentak ini berjumlah 397 orang, dimana pelantikan tersebut seharusnya berjumlah 399 orang dari 3 orang perdesa dikalikan 133. NamunDikarenakan pendaftaran dari dua desa di antaranya desa lalokateba dan desa angaloosi kekurangan satu orang pendaftara.



Selanjutnya Desa Tongauna kosong pendaftaran, namun katanya telah diadakan pleno bersama semua yang terkait, kemudian telah dilakukan kerjasama pemerintah setempat untuk penujukan langsung melalui metode kerjasama.


“Di Desa tongauna tidak ada yang terpilih karena kemarin mereka pendaftarannya tidak ada, sehingga kami melakukan kerjasama semua yang terkait terutama pemerintah setempat untuk penunjukan langsung melalui metode kerjasama, demikian juga nantinya untuk kekurangan 2 orang tersebut”,  Ungkapnya.


Anhar juga menambahkan, berdasarkan data keterwakilan perempuan dalam  PPS mencapai 55 persen. Dimana jumlah 219 perpuan dan 178 laki laki.


“Pendaftar ada 793 orang, dan yang mengikuti ujian tertulis sekitar 730 orang, yang dilanjutkan wawancara. Akhirnya terpilih 397 PPS. Secara keterwakilan perempuan lebih dari 55 persen”, kata Anhar dalam sambutannya.


Hal tersebut juga disambut baik oleh Bupati Koltim Abd, Asiz SH, MH, yang diwakili Asisten Satu Sekda Koltim, Arisman SE. Menurutnya, Bupati  sangat mensuport prosesi pelantikan PPS hari ini, namun permohonan maaf Bupati yang seyogianya hadir namun Karena  beliau masih di jakarta dengan urusan yang tidak bisa d wakili.



“Apa yang terjadi ini adalah perjalanan panjang dan Alhamdulillah semua telah di lewati hingga proses pelantikan saat ini, Bupati kita  menyampaikan aspirasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PPS, dimana jika dilihat sekarang PPS-nya ada anak muda, dan keterwakilan perempuan yang mencapai 55%. Hal ini sangat membanggakan”, Tutup Arisman mewakili Bupati.(Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini