Iklan

Semarak Program KKN Reguler USN KolakaDesa Tamboli Kec. Samaturu, Kab. Kolaka

By Iswan
Sabtu, 05 Oktober 2024, Oktober 05, 2024 WIB Last Updated 2024-10-05T10:56:40Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


KOLTIM.NUSPOS.com- Desa Tamboli, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, menjadi lokasi bagi mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka yang tengah menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Angkatan XI. Dengan tema "Mewujudkan Desa Mandiri yang Berkarakter BISA (Bersinergi, Inovatif, Santun, dan Adaptif) Guna Mewujudkan Indonesia Emas 2045",


Dalam program ini, 11 mahasiswa dari 10 jurusan yang berbeda terlibat aktif, dipimpin oleh koordinator desa, Deni Adhitya Soplero, dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Andi Tenri Sumpala, M.S.Kom., M.Cs. Kedatangan mahasiswa KKN ini disambut baik oleh Bapak Kepala Desa Jamaluddin dan sekertaris Bapak Mulyadi SH beserta aparat dan masyarakat. 



Pada minggu pertama, mahasiswa KKN mengadakan seminar program kerja yang dipimpin oleh Deni Adhitya Soplero. Dalam seminar tersebut, berbagai program yang dirancang untuk kesejahteraan masyarakat dipaparkan dan mendapat tanggapan serta saran dari aparat desa dan tokoh masyarakat. Seminar yang berjalan dengan lancar dan interaktif ini turut dihadiri oleh aparat desa, tokoh masyarakat, dan mahasiswa KKN dari Universitas Haluoleo (UHO).


Salah satu program utama yang dilaksanakan adalah pembuatan identitas rumah warga yang bertujuan untuk mempermudah pencarian alamat warga di desa Tamboli. Sebanyak 327 rumah teridentifikasi melalui program ini.


Selain itu, mahasiswa KKN juga membuat Sistem Informasi Desa yang dirancang untuk mempermudah akses informasi terkait jumlah penduduk, alamat, dan berita terkait kegiatan di desa.



Di bidang pendidikan, mahasiswa KKN membantu proses belajar-mengajar di SD Negeri 1 Tamboli, di mana mereka melanjutkan materi dari para guru serta memberikan sosialisasi mengenai gemar menabung, jajanan sehat, dan kenakalan remaja. Mereka juga mengadakan pelatihan dasar penggunaan Microsoft Word versi Chromebook untuk siswa-siswi SD tersebut.


Tidak hanya itu, mahasiswa KKN juga aktif dalam kerja bakti, yang dilakukan dua kali seminggu di mesjid dan kantor desa. Kegiatan ini dilakukan secara rutin selama 40 hari masa KKN.



Mahasiswa KKN USN Kolaka bekerja sama dengan mahasiswa UHO Kendari dalam menggelar berbagai lomba yang melibatkan seluruh masyarakat desa Tamboli, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Lomba-lomba seperti tangkap itik, kardus bergoyang, dan estafet sarung disambut antusias oleh warga.


Sebagai penutup, malam ramah tamah digelar dengan kolaborasi antara mahasiswa USN Kolaka dan UHO Kendari. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa, aparat desa, serta seluruh warga desa Tamboli. Pada malam tersebut, diadakan penampilan seni dari mahasiswa, penyerahan hadiah lomba, serta pemutaran video dokumenter yang mengabadikan seluruh kegiatan selama KKN di desa Tamboli.


Program KKN ini diharapkan tidak hanya memberikan dampak jangka pendek, tetapi juga membangun fondasi kerja sama yang berkelanjutan antara USN Kolaka dan Desa Tamboli dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. 


Laporan. Muhklas

Komentar

Tampilkan

Terkini